'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Kegiatan MDMC Tahun 2020
14 Januari 2020 10:40 WIB | dibaca 242

Palangkaraya, Januari 2020. Pada awal tahun 2020 PDA Kota Palangkaraya mengutus anggotanya untuk mengikuti Pelatihan Kapasitas Relawan Muhammadiyah dalam Kebencanaan yang dilaksanakan oleh Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC) Kalimantan Tengah dimulai dari tanggal 2 s/d 5 Januari 2020 di Bumi Perkemehan Nyaru Menteng Jln Cilik Riwut Km. 28 Kelurahan Tumbang Tahai Kecamatan Bulit Batu Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah. Bunda-bunda tangguh ‘Aisyiyah yang mengikuti kegiatan ini adalah, Nurul Rusyda, Rabiatul Adawiyah, Mutmainah, Khamsatun, dan Mahrita.

Muhammadiyah Disaster Manajemen Center (MDMC) Kalimantan Tengah mengadakan kegiatan ini guna menaggapi berbagai bencana yang kemungkinan terjadi di Wilayah Kalimantan Tenggah seperti kabut asap, banjir dan angin putting beliung, potensi bencana inilah maka sangat penting bagi MDMC Kalimantan Tengan untuk meningkatakan kapasitas para relawan dengan melakukan pelatihan bagi para relawan dari berbagai kalangan organisasi baik itu Muhammadiyah, Organisasi masyarakat dan peserta umum, yang berperan dalam kemasyarakatan khususnya yang punya program penanggulangan bencana di lingkaungan Kalimantan tengah.

Tujuan dari Pelatihan Kapasitas Relawan Muhammadiyah dalam Kebencanaan ini diantaranya ; Meningkatakan Pengetahun dan kemampuan Relawan Muhammadiyah dalam Penaggulangn Bencana, Mampu Mersepon Bencana sesuai Standar Operasional Prosedur, dan Memberi Pemahaman perihal One Muhammadiyah One Respon (OMOR).

Materi untuk Pelatihan juga konprehensif, menarik dan mengena untuk pembinaan bagi para peserta, yakni Kebijakan Daerah tentang Penagggulangan Bencana di Kalimntan tengah (Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Kebijakan Pemerintah tentang Bencana Banjir, Kebijakan Pemerintah tentang Bencana Angin Putting Beliung), Fikih Kebencanaan, Incident Command System (ICS), Sejarah dan Peran MDMC dalam Penaggulangan Bencana, Kajian Pemetaan Kawasan Rawan Bencana, Kajian Pemetaan SDM yang dimiliki Muhammadiyah, Manjemen Penanganan Darurat Bencana, Manajemen Gladi Posko dan Simulasi-simulasi tanggap bencana, dengan instruktur dari MDMC Pusat, BPBK Kalimantan tengah, Basaernas Kalimantan tengah dan  MDMC Kalimantan Tengah.

“Harapan kami ‘Aisyiyah akan lebih aktif untuk ikut serta dalam kegiatan-kegiatan seperti ini, tanggap dalam memeberikan bantuan bencana baik itu dalam bentuk pelatihan maupun kejadian riil dikehidupan bermasyarakat” ucap Mutmainah salah satu peserta utusan PDA kota palangkaraya.

Anggota PDA kota Palangkaraya dengan semangat antusis, totalitas dan maksimal selama kegiatan ini mengikuti semua materi dan simulasi hingga selasai tanpa ada kendala, “Alhamdulillah semua sehat hingga kegiatan berakhir, harapan kami peserta yang mengikuti kegiatan ini dapat memberi manfaat tanggap dalam bencana, dan dapat membimbing anggota PDA yang lain yang tidak berksempatan untuk mengikuti kegiatan ini serta semua jerih payah dan lelah dicatat sebagai amal sholeh” Ucap Ketua PDA Kota Palangkaraya Lilik Kholisatin, M.Pd yang di aminkan oleh sekretarisnya Hj. Mijibah, S.Ag yang walaupun disela kesibukan menyempatkan waktu untuk berkunjung memberikan semangat kepada para peserta utusan PDA.     

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari