'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
POS BAKUM 'AISYIYAH
13 Oktober 2019 20:13 WIB | dibaca 172

Palangkaraya Oktober 2019. PDA Kota Palangkaraya turut hadir sebagai peserta dalam Pelatihan Paralegal  dan peresmian Pos Bantuan Hukum ‘Aisyiyah Kalimantan Tengah.

‘Aisyiyah sebagai organisasi  perempuan berkemajuan yang tidak hanya terbatas pada agama, ras, suku dan golongan kini juga bergerak dalam pembelaan dan hukum terkait dengan hukum Islam dan masalah perempuan.

Adapun program Pimpinan Pusat ‘Aisyiyah dalam bidang hukum diantaranya adalah partisipasi pada upaya penegakan hukum, peningkatan kesadaran hukum masyarakat, serta advokasi hukum dan hak asasi manusia.

Berdasarkan surat yang terima dari PW ‘Aisyiyah Kalimantan Tengah, Ketua PDA Kota Palangkaraya Lilik Kholisatin, M.Pd mengutus tiga orang pengurus aktifnya dari Majelis Hukum dan Ham untuk mengikuti kegiatan tesebut yaitu Endang Sri Suyati, M.Pd, Helen Agustin, S.HI, dan Novrianti, ST, MT, diamana acara tesebut dilaksanakan di Sekretariat Pimpinan ‘Aisyiyah/Muhammadiyah Jl. RTA Milono Komplek Perguruan Muhammadiyah Palangkaraya selama 3 hari berturut-turut, yakni mulai tanggal 11 s/ 13 Oktober 2019.

Adapun yang berlaku sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut adalah TIM Instruktur MHH PPA, Kepala Badan Pembina Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM Prov. Kalteng, Dekan Fakultas Hukum Universitas Balikpapan, serta Pimpinan Pengadilan Agama Kalteng.

Materi yang disampaikan juga sangat urgent dengan permasalahan hukum saat ini, seperti diskusi tentang kekerasan terhadap perempuan, strategi dan teknik advokasi, teori dan praktik hukum acara pidana dan acara perdata, teori dan praktik peradilan agama PTUN, legal drafing, mekanisme kerja dan pengelola administrasi Pos Bakum, simulasi penaganan kasus dan terakhir adalah rencana tindak lanjut ( RTL) yang akan dilakukan oleh para peserta pelatihan.

Ketum PDA Kota Palangkaraya melalui sekretarisnya Hj. Mujibah S.Ag menyatakan “PDA siap dengan majelisnya untuk membantu kesuksesan dan kelancaran sosialisasi dan implementasi kegiatan yang riil di masyarakat Kalteng”.

Dengan adanya kegiatan ini PWA Kalimantan tengah resmi membuka POS Bantuan Hukumnya (POSBAKUM) dengan alamat RTA Milono Km. 1,5 Komplek Perguruan Muhammadiyah Palangkaraya Kalimantan Tengah dengan waktu layanan Senin-Jum’at, Pukul : 08.00-15.00 WIB.

Shared Post:
Berita Terbaru
Berita Terkomentari